Sistem Sirkulasi


Sistem sirkulasi adalah suatu sistem yang berfungsi memindahkan zat dari dan ke dalam sel.  Pada jewan berukuran kecil, zat seperti makanan, gas respiratori, dan sisa metabolisme dapat berdifusi melalui ruang antar sel dengan mudah. Akan tetapi pada hewan berukuran besar (dengan ketebalan tubuh lebih dari beberapa milimeter) proses difusi berlangsung sangat lambat, sehingga difusi melalui ruang antar sel tidak mungkin dapat memenuhi semua kebutuhan hewan berukiran besar. Hewan besar atau hewan yang memiliki aktifitas metabolisme tinggi memerlukan sistem sirkulasi khusus untuk menjamin adanya pergerakan cairan ke seluruh tubuh secara cepat.

Fungsi utama sistem sirkulasi
  1. Menjamin terpenuhinya kebutuhantubuh akan sari makanan dan oksigen, serta pembuangan sisa zat metabolisme dari tubuh dengan segera.
  2. Berperan penting dalam penyebaran panas tubuh.
  3. Menyebarkan tekanan.
Protozoa bersilia yang hidup sesil ternyata mampu menyelenggarakan sirkulasi cairan tubih menggunakan khoanosit. Sedangkan Coelenterata melaksanakan sirkulasi dengan cara mengalirkan air melalui saluran khusus pada sistem gastrovaskuler yang bersilia. Pada beberapa mollusca sirkulasi cairan tubuh tergantung pada arah gerakan silia, yang dapat mengalirkan air yang mengandung makanan melalui rongga mantel. Di rongga mantel partikel makanan dikumpulkan dan ditelan.

Sistem sirkulasi tersusun atas berbagai komponen utama yakni jantung, pembuluh dan cairan (darah, cairan limfe dan hemolimfe) tubuh yang beredar. Jantung berfungsi sebagai pemompa cairan, pembuluh berfungsi sebagai saluran yang akan dilewatioleh cairan ke seluruh tubuh.

Sistem sirkulasi pada hewan dibedakan menjadi dua yaitu sistem sirkulasi terbuka ( darah beredar tidak di sistem pembuluh) dapat ditemukan pada sebagian Mollusca dan Arthropoda. Sedangkan sistem sirkulasi tertutup (darah beredar dalam sistem pembuluh) contohnya Annelida, Cephalopoda dan vertebrata.

Sumber gambar: pixabay.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sistem Sirkulasi "

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...