Praktikum: Proses Difusi Dalam Kehidupan Sehari-hari


Semua makhluk hidup tersusun atas sel. Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Sel tersusun atas membran sel, sitoplasma, organel sel. Bagian membran sel terluar adalah membran sel yang memiliki beberapa fungsi yaitu  membentuk suatu batas yang fleksibel antara isi sel dan luar sel, sebagai penerima rangsang dari luar, sebagai pelindung sel, mengatur transportasi zat-zat dari dan kedalam membran sel.
Transpor zat melalui membran dapat terjadi secara pasif dan secara aktif. Secara pasif (transpor pasif) contohnya difusi dan osmosis.  Secara aktif (transpor aktif) gmelibatkan ATP. 

Praktikum sederhana Difusi.

Tujuan: Mengetahui proses difusi dalam kehidupan sehari-hari
Alat: stopwatch, gelas transparan (2 buah)
Bahan: air panas, air dingin, teh celup (2 buah) serta parfum.
Cara kerja:
Kegiatan 1
  1.  Dua buah gelas yang sudah disiapkan, masing-masing diisi. Satunya diisi dengan air panas satunya diisi dengan menggunakan air dingin. 
  2. Masukkan masing-masing satu bungkus teh celup ke dalamnya. 
  3. Ukur waktu yang dibutuhkan sampai seluruh air berwarna merah.
Kegiatan 2
  1. Tutuplah seluruh pintu dan jendela ruang kelas. Mintalah pada salah satu teman anda untuk berdiri disudut kelas untuk menyemprotkan parfum yang telah disiapkan.
  2. Bukalah semua pintu dan jendela ruang kelas anda. Lakukan hal yang sama seperti kegiatan 2.1. 
Pertanyaan
  1. Pada kegiatan 1, gelas manakah yang paling cepat berwarna merah?(gelas air dingin atau gelas air panas?). Mengapa demikian? Kemukakan alasan anda.
  2. Pada kegiatan 2, ketika pintu ditutup dapatkah bau parfum tercium dari sudut kelas yang lain?apakah hal yang sama terjadi ketika ruangan terbuka? Saat ruangan terbuka mungkinkah jika bau parfum dapat tercium dari luar kelas?mengapa demikian? Kemukakan alasan anda.
Sumber gambar: pixabay.com

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Praktikum: Proses Difusi Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...