Aneka Resep Olahan Tempe


Tempe merupakan salah satu olahan makanan berprotein tinggi yang berasal dari kedelai yang difermentasi. Tempe juga salah satu sayu, lauk serta camilan terfavorit masyarakat Indonesia tak terkecuali keluarga saya. Hampir setiap hari keluarga kami tak ketinggalan menu dari tempe. Inilah beberapa olahan tempe khas keluarga kami.


  1. Lodeh tempe, lodeh merupakan sayur yang dimasak dengan santan. Sama seperti masakan lodeh lain, bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kunyit, kemiri dan lengkuas. Semua bumbu digoreng dan dihaluskan. Sebelumnya goreng tempe setengah matang, kemudian campur dengan santan encer dan bumbu. Setelah mendidih dan bumbu meresap tambahkan santan kental. Sambil aduk agar santan tidak pecah tunggu hingga mendidih. Jangan lupa beri garam dan penyedap rasa bila suka. Lodeh tempe akan lebih nikmat jika dimasak bersama ikan laut asap.
  2. Tempe goreng krispi, siapkan bumbu bawang putih, merica, ketumbar, garam, dan kemiri kemudian haluskan. Pisahkan bumbu halus menjadi dua bagian. Satu bagian untuk adonan basah, satu bagian untuk adonan kering. Campurkan masing-masing bumbu dengan tepung terigu, tepung beras, tepung tapioka  dengan perbandingan 1:2:1. Kemudian potong tempe sesuai selera, lalu celupkan tempe keadonan basah kemudian balurkan ke dalam adonan tepung bumbu kering. Goreng dengan api sedang.
  3. Nugget tempe, olahan kekinian tempe salah satunya adalah dibuat nugget. Pertama haluskan tempe bersama bumbu bawang putih, merica dan garam. Campur dengan telur dan terigu. Masukkan dalam loyang atau plastik, kemudian kukus kurang lebih 15 menit. Setelah itu siapkan telur yang telah dikocok dan dibumbui merica garam. Balurkan pada kukusan tempe, tapi sebelumnya potong-potong sesuai selera. Kemudian balurkan dalam telur, tiriskan lumuri dengan tepung roti atau tepung panir. Siap untuk digoreng
  4. Tempe mendoan, hampir sama dengan bumbu krispi, hanya baluran pada tempe ini hanya adonan basah saja. Kemudian pada adonan berikan irisan daun bawang seledri dan daun jeruk. Iris tempe agak tipis. Kemudian balurkan pada tepung, goreng dengan api sedang.
  5. Oseng-oseng tempe, pertama-tama iris tipis dan kecil-kecil tempe kemudian bumbui dengan air garam dan goreng hingga matang. Siapkan bumbu bawang merah, bawang putih dan merica bubuk. Bumbu bisa diiris tipis atau bisa pula dihaluskan. Setelah itu panaskan dua sendok minyak, masukkan bumbu. Aduk hingga berbau harum. Kemudian masukkan tempe. Setelah rata tercampur bumbu. Beri sedikit air, tambahkan kecap manis dan garam tes rasa. 
Demikian sedikit resep olahan dari tempe. Jangankan tiap daerah, tiap keluarga saja memiliki cara ataupun ciri khas beda pada masalah bumbu. Memasak adalah pekerjaan yang berkaitan dengan hati. InsyaAllah semua bisa masak.

Semoga bermanfaat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aneka Resep Olahan Tempe"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...