Alat Respirasi Pada Vertebrata


Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas/ respirasi. Kali ini mari kita bahas mengenai alat respirasi vertebrata (hewan bertulang belakang) berupa:

1. Branchia
Atau lebih dikenal dengan insang, umumnya dimiliki oleh hewan yang hidup di air.
Ada dua macam tipe insang yaitu:
Insang luar (branchia externa), Berkembang dari kulit yang menutupi permukaan luar arcus visceralis. Insang ini bercabang-cabang, strukturnya seperti filamen atau lembaran yang seluruhnya dibungkus oleh ektoderm dan tidak berhubungan dengan saccus visceralis. Insang luar terdapat pada qxqalarva Dipnoi (exp: ikan pembersih kaca), Chondrostei (ikan bertulang rawan), Toleostei (ikan bertulang keras), amphibia (hewan hidup di dua alam)
Insang dalam (branchia interna), struktur insang ini dimiliki ikan seperti pada umumnya. Terdiri atas skeleton viscerale, derivat arcus aorta, nervus cranialis, musculusbranchialis dan ephithelium. Insang tersusun oleh filamen branchia, berdinding tipis, dan memiliki anyaman kapiler darah. Darah dialirkan sangat berdekatan dengan permukaan , mengakibatkan terjadinya pertukaran udara pernapasan.

2. Pulmo
Atau lebih dikenal dengan paru-paru. Adapun hewan yang bernapas dengan paru-paru antara lain:
Amphibia (hewan hidup di dua alam), memiliki struktur pulmo yang sangat sederhana, berupa saccus berdinding tipis, dengan sedikit modifikasi berupa lipatan internal dindingnya untuk menambah luas permukaan dalam Reptilia dalam rangka menampung oksigen. Pada Urodela (salamander), pulmo terdiri atas sepasang saccus yang memanjang, bagian kanan lebih pendek darippada bagian kiri.
Reptilia (hewan melata), memiliki struktur pulmo lebih kompleks dari pada pulmo amphibia. Terdapat sekat-sekat pemisah yang tumbuh sebagai lipatan-lipatan dindingnya.
Aves (vertebrata bersayap), pulmo pada aves melekat pada costae (rusuk) dan vertebrae thorac (dada). Bronchus primer memasuki permukaan ventral pulmo menjadi mesobronchus, kemudian terbentuk sejumlah bronchi sekunder yang tidak mengandung cincin kartilago. Percabangan bronchus sekunder membentuk parabronchi. Dari tiap para bronchi terdapat kapiler-kapiler udara yang banyak berisi pembuluh darah yang saling beranyaman satu dengan yang lain, bagian inilah yang merupakan membran respiratoris.
Mamalia (hewan menyusui), pulmo pada mamalia sangat kompleks. Bronkus memasuki pulm, kemudian bercabang-cabang menjadi bronchiolus kemudian bronkchiolus bercabang-cabang lagi menjadi saluran yang lebih kecil menuju ke rongga udara yang berbentuk mangkok, berdinding tipis disebut alveoli yang selalu basah dan kaya akan kapiler darah.

Love Biologi
sumber gambar: cdn.pixabay.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alat Respirasi Pada Vertebrata"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...