Merencanakan Umroh Impian



Kalau ditanya destinasi di dunia ini yang paling ingin dikunjungi, saya pasti akan menjawab negara arab. Jika kemudian ditanyakan lagi alasannya, maka dengan yakin saya akan menjawab hampir seluruh umat Islam ingin menyempurnakan rukun Islamnya tak terkecuali #saya. Yang rukun pertama hingga ke empat insya Allah sudah rutin dilakukan. Tapi untuk melaksanakan rukun yang kelima dibutuhkan waktu, persiapan fisik maupun psikis dan yang paling penting adalah persiapan secara finansial.
Bagi saya pribadi, ibadah haji merupakan ibadah impian, tidak semua orang berkesempatan menunaikan ibadah haji. Mungkin yang cukup materinya bisa memilih jalur VIP dengan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit (sangat mahal untuk golongan menengah ke bawah). Tapi untuk jalur reguler harus menunggu waktu yang lama dikarenakan adanya kuota antrean yang cukup banyak. Kuota yang membludak bisa jadi disebabkan karena terbatasnya pemberangkatan jamaah dan waktu haji hanya satu tahun sekali. Adanya pembatasan kuota via reguler atau bagi yang sudah pernah berhaji menyebabkan orang memilih alternatif lain agar bisa sampai ke tanah suci dengan tujuan ibadah. Ibadah tersebut adalah ibadah Umroh. Ibadah Umroh disebut juga dengan haji kecil. Ibadah Haji merupakan keinginan namun ibadah Umroh merupakan impian setiap umat muslim begitu juga dengan saya.
Dua tahun lalu almarhumah ibu saya mendaftarkan diri sebagai peserta haji, tapi sayang membludaknya kuota jamaah membuat antrean sangat panjang. Ibu saya mendapatkan antrean keberangkatan lebih dari 10 tahun. Dalam hati saya sungguh miris, sempat terbayang andai saat itu saya memiliki kelonggaran rezeki saya ingin mengumrohkan ibu saya. Tapi meski manusia berencana tetap Allah yang menentukan, ibu saya telah dipanggil Allah SWT sebelum impiannya terwujud. Tapi semoga niat saya tidak kandas, meskipun ibu telah meninggal semoga suatu saat saya bisa Melaksanakan minimal ibadah umrah yang menjadi perjalanan religi impian tiap umat muslim. Saat ini sudah banyak tersedia biro jasa perjalanan Umroh di tiap daerah yang menawarkan fasilitas dan kemudahan dengan harga bersaing. Meskipun demikian kita juga mesti cerdas dalam menentukan pilihan karena masih saja sering kita dengar ada beberapa biro jasa yang melakukan penipuan pada calon jamaahnya, kita harus pandai dan selektif dalam memilih biro jasa yang aman dan amanah. Kemenag telah merilis daftar tra resmi Melalui situs resminya Kemenag menyampaikan agar masyarakat memastikan lima hal dalam memilih biro jasa perjalanan (Umroh) dam bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih biro jasa tersebut.

  1. Pastikan Travel berizin
  2. Pastikan penerbangan dan jadwal keberangkatan 
  3. Pastikan program layanan 
  4. Pastikan hotelnya 
  5. Pastikan visanya
Jika kelima kriteria tersebut terpenuhi maka dipastikan biro jasa tersebut insya Allah aman dan amanah. 

Sumber gambar: pixabay.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Merencanakan Umroh Impian"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...