New Normal New Life


Sumber foto: pixabay.com
Sumber foto: pixabay.com

Memasuki minggu terakhir di bulan juni banyak wilayah yang sudah mulai menerapkan kehidupan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru. Tak mudah memang, karena meskipun "Normal" tapi proses menjalani kehiduan tidak bisa seperti 4 atau lima bulan dan tahun-tahun sebelumnya, karena musuh yang sedang kita hadapi adalah makhluk mikron. Bahkan untuk melihatnya kita tidak bisa hanya memakai mikroskop biasa. Bisa dikatakan Covid 19 merupakan musuh yang kasat mata, penularannya tidak kita sadari. Apalagi di Negara kita banyak kasus OTG (Orang Tanpa Gejala) dinyatakan positif Covid 19.

Masih lekat di ingatan bahwa kehidupan sebelum pandemi sangatlah bebas, tidak ada batasan ruang gerak, tidak ada batasan berkumpul bahkan berkunjung dan bersilaturrahmi kemanapun bisa kita lakukan tanpa ada syarat yang mengikat. Namun sekarang meskipun sudah memasuki new normal, masih ada sedikit rasa takut kala harus keluar dan berada di tempat umum meski sudah mematuhi protokol dari pemerintah yaitu memakai masker, membawa hand sanitizer hingga menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kurang lebih tiga bulan dirumah benar-benar merubah gaya dan cara hidup kami, seperti mulai jarang keluar rumah untuk sekedar menikmati akhir pekan, memasak sendiri untuk keluarga, menjaga kebersihan lebih dari biasanya dan jadi lebih rajin bergerak dan beraktifitas (meski hanya dirumah)

New normal sudah dimulai, kita harus mampu beradaptasi dengan kondisi normal namun bukan kebiasaan normal seperti hari-hari biasanya. Kehidupan normal yang baru dengan tujuan utamanya adalah menguatkan kembali ekonomi yang melemah akibat pandemi Covid 19. Pandemi Covid 19 membuat banyak pelaku ekonomi kewalahan. Berbagai sektor usaha terhenti, dan terpaksa berhenti beroperasi,  seperti dari sektor pariwisata, pendidikan, beberapa UMKM yang mengurangi hingga menghentikan produksinya, penutupan sekolah dan tempat-tempat transaksi jual beli (toko, pasar, swalayan dll) akibatnya beberapa karyawan dirumahkan, ada yang kehilangan pekerjaannya sementara bahkan ada yang di PHK dan keluhan pedagang karena usahanya tidak laku. 

Kehidupan normal baru tidak hanya berlaku untuk mereka, tapi juga kami yang tinggal di desa. Sebagaimana kita tahu virus ini menginfeksi hampir di seluruh kabupaten di Indonesia. 
Tiga bulan lebih saya tidak bekerja dan hanya dirumah saja. Waktu yang singkat tapi terasa sangat lama karena kehidupan yang tidak bebas membuat saya kadang merasakan bosan. Tak hanya saya, anak saya juga sering bertanya "kapan ya buk Dira masuk sekolahnya?". Meskipun ada pembelajaran jarak jauh Dalam Jaringan (daring) rasanya tidak sama, saya sering kesulitan membimbing si kakak dalam menyelesaikan tugasnya. Kesulitan saya bukan dalam menjawab soal tapi menjelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami anak usia 7 tahun. Disini saya benar-benar jadi paham, betapa hebatnya guru-guru tingkat dasar yang dengan sabar mengajarkan anak-anak yang kadang masih bandel, rewel, suka menangis dan suka merajuk. Di rumah saja dalam waktu lama juga membuat saya rajin memasak untuk keluarga, karena untuk membeli makanan diluar di masa pandemi, selain karena ragu juga karena saya dan keluarga harus ekstra hemat. Karena kami belum tahu akan sampai kapan pandemi berlangsung dan juga kapan saya bisa bekerja kembali.

New normal merupakan kabar baik untuk saya yang sudah tak sabar ingin kembali bekerja seperti biasa. Bukan karena saya tidak takut Corona atau mementingkan uang tapi life must go on jadi pada akhirnya kita tetap harus berhadapan dengan kebiasaan yang baru. Karena yang namanya virus tidak akan hilang dengan mudah, butuh proses yang panjang hingga imun setiap orang terbentuk untuk melawan resistensi virus tersebut. Tidak hanya untuk diri saya, keluarga kecil saya juga harus siap menjalani new normal. Jika suami mungkin tidak begitu khawatir dengan keadaan karena sudah paham dan memang setiap hari tetap bekerja seperti biasa. Yang paling saya khawatirkan adalah anak-anak. Mereka belum paham apa itu wabah, mengapa tidak boleh berkumpul, mengapa harus menjaga jarak dan masih banyak hal yang benar-benar harus dijelaskan agar mereka bisa sedikit memahami keadaan saat ini.

Persiapanku dan keluargaku di era new normal

Foto: Dokumentasi Pribadi


Masker, face shield dan hand sanitizer ibarat senjata. Beberapa barang tersebut tidak boleh sampai ketinggalan atau terlupakan. Awalnya sedikit merasa aneh, terutama saat memakai face shield. Tapi memang seperti itulah cara kita berkompromi dengan keadaan. Selain perlindungan dari luar, kami sekeluarga juga mengusahakan untuk melindungi diri dari dalam. Yaitu dengan cara menjaga kekebalan tubuh. Hal ini sangat penting mengingat tubuh yang sedang tidak fit rentan terserang virus dan bakteri penyebab penyakit (patogen). Menjaga nutrisi serta kebersihan adalah hal yang harus diperhatikan mengingat saat ini kita tidak bisa cuek dan sembarangan terhadap kedua hal tersebut berkaitan dengan sistem imun dan penyebaran penyakit saat pandemi.

Teknologi mempermudah hidup kita

Foto: https://www.modena.co.id/news.php


Di era milenial, banyak diantara kita yang kehidupannya ditunjang atau dibantu oleh teknologi. Teknologi membuat kita lebih mudah dan nyaman dalam melakukan berbagai hal termasuk dalam menunjang kebersihan dan kesehatan kita. Teknologi yang erat kaitannya dingan emak-emak jaman now jelas seputar dapur dan rumah seisinya seperti dishwasher, mesin cuci, hingga kulkas. Dapur bagi saya adalah jantungnya rumah tangga. Ada sebagian kegiatan dan kebahagiaan diciptakan diruang itu. Ada masakan ibu yang selalu dirindukan tercipta dari ruangan tersebut. Untuk itu meski ruang tersebut berukuran minimalis kebersihan harus tetap dijaga. Ada sisa makanan, panci kotor bekas memasak hingga piring berminyak maupun kotor karena bekas makanan. Jika dulu pencuciannya manual, di era serba teknologi seperti ini sudah tercipta mesin pencuci piring, gelas dan sendok. Ada berbagai macam merk yang bisa kita pilih, salah satu merk terbaik dan tervaforit ibu-ibu adalah MODENA, dishwasher dari modena yang terbaru dilengkapi dengan anti virus dan bakteri namun tetap hemat energi. Produk dishwasher baru ini merupakan salah satu dukungan MODENA bagi masyarakat untuk hidup dengan adaptasi baru (new normal). Meskipun hanya alat makan tetaplah wajib diperhatikan kebersihan dan kehigienisannya karena alat ini akan langsung kontak dengan makanan yang akan masuk ke tubuh kita. Selain alat makan, alat penyimpanan makanan misal: kulkas juga sangat berperan penting menjaga kualitas dan kesegaran makanan. Kulkas dengan Smart Sensor Refrigerator dari MODENA merupakan kulkas dengan teknologi mutakhir dalam menjaga kualitas makanan agar selalu terjaga kualitasnya karena memiliki suhu yang stabil. 
Itulah beberapa contoh teknologi yang mendukung kita unstuk hidup lebih sehat.

Foto: https://www.modena.co.id/news.php


Selain perlindungan luar (masker, hand sanitizer) dan juga perlindungan dari dalam (nutrisi dan gizi) ada juga perlindungan yang selalu melekat dan harus diperhatikan kebersihannya, yaitu pakaian. Pakaian juga merupakan perlindungan diri yang selalu terkontak dengan lingkungan luar. Adanya makhluk renik yang menempel kadang tidak kita sadari, bisa lewat usapan tangan, gesekan dengan benda (pintu, meja, kursi dll). Untuk itu selain harus pintar dalam memilih detergen agar pakaian terjaga dari virus dan bakteri, mesin pencuci pakaian yang harus kita gunakan juga harus tepat. MODENA dalam era new normal ini berperan serta meluncurkan sebuah mesin cuci dengan fitur automated drum cleaning atau fitur yang selalu menjaga kebersihan tempat pencucian dan pengeringan. Selain itu juga bisa disetel melakukan penvucian dengan menggunakan air panas namun tidak merusak serat dan warna pakaian.

Foto: https://www.modena.co.id/news.php


Itulah beberapa produk teknologi yang mendukung kesehatan karena dirancang mampu membasmi virus dan bakteri. Ibu-ibu modern di era millenial akan selalu berpikiran cerdas, kreatif dan inovatif tanpa mengabaikan nilai kesehatan. Jangan pernah berpikir bahwa ibu-ibu yang bekerja dibantu mesin adalah pemalas. Tidak demikian, mereka hanya berpikir praktis dan cerdas untuk menghemat waktu serta meringankan pekerjaan mereka. Jika pekerjaan terasa mudah dan cepat selesai maka perasaan akan bertambah bahagia. Bukankan kebahagiaan mampu meningkatkan kualitas hidup dan sebaliknya?

Sisa waktu dalam sehari yang masih banyak dikarenakan work from home dan dengan dibantu kemudahan teknologi membuat kami para ibu lebih produktif, karena semua terasa mudah. Kami bisa memanfaatkan waktu kami menulis, berkebun, menemani dan membimbing anak belajar dari rumah, berkreasi di dapur dan masih banyak lagi. Bagi saya pribadi Kebahagiaan adalah awal hidup sehat dan hidup sehat membuat kami selalu bahagia 

Postingan terkait:

31 Tanggapan untuk "New Normal New Life"

  1. Mantab. Makasih infone Gan jadi lebih tahu

    BalasHapus
  2. Meski ditengah pandemi, kita harus selalu siap akan keadaan kedepan ya Kang? semangatt terusss

    BalasHapus
  3. Infonya sangan detail, dan saya sangat sepakat bahwa pola hidup sehat merupakan kunci dari kebahagiaan. Sukses terus bang

    BalasHapus
  4. Semoga kita terhindar dari semacam itu

    BalasHapus
  5. wah pas banget nih ma aq yang ngidamn pengen hidup sehat, mantap

    BalasHapus
  6. kebiasaan barupun terbentuk ya sejak virus ini menyebar dimana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu kak, selalu siaga terhadap setiap kondisi

      Hapus
  7. Meskipun udah pakai perlengkapan sesuai protokol kesehatan kadang tetap ngerasa khawatir juga.

    BalasHapus
  8. Yup betul sekali, teknologi sangat membantu sekali dalam meringankan pekerjaan kita.

    Wah banyak sekali ya produk alat rumah tangga dari modena. Jadi mupeng sama produknya. Nanti mau langsung kunjungi websitenya buat lihat produk-produknya. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul teknologi membuat kita hemat waktu

      Hapus
  9. betul sekali New normal bukan lantas hidup kembali normal seperti semula. Yaa Alloh saya sangat tidak menyangka akan mengalami hal ini dalam hidup. sedih sekali.

    BalasHapus
  10. sekarang kalau keluar rumah, ya memang bawaannya jadi tambah banyak. Harus pakai ransel yang bisa muat banyak hehe. Masker cadangan, hz, tisu, alat solat pribadi, air minum, dan keperluan lainnya. Sudah kayak kantong doraemaon dah.

    BalasHapus
  11. oh, Modena punya dishwasher juga ya. kereen. Berapa wattnya ya kak?

    BalasHapus
  12. Lah, orang Sampang ternyata, saya sering ingat dulu tiap tahun ke Camplong dannaik dokar pas hari raya.

    BalasHapus
  13. Sebenarnya ada positif negatifnya sendiri dengan adanya new normal new life ini. Kita ambil positifnya dan berusaha waspada terhadap efek negatifnya

    BalasHapus
  14. Jadi kalau kita berpergian kebiasaan barunya pakai masker sesuai protokol kesehatan ya

    BalasHapus
  15. era covid bikin kita jadi harus lebih bersih dan otomatis akan sering ganti baju luar, wajar kalau perlu mesin cuci dan modena sepertinya pilihan yang tepat..sayang kurang terjangkau harganya

    BalasHapus
  16. Walau konon katanya virus Inu ga akan hilang, ya lebih baik kita selalu mematuhi protokol kesehatan walau ada kata New normal, waspada harus terus dilakukan

    BalasHapus
  17. Modena merk alat rumah tangga yang lengkap ya. modelnya bagus2 pula

    BalasHapus
  18. Alat dapur dari Modena ini memang bisa membantu kita menjalani adaptasi kebiasaan baru dengan hidup lebih sehat. Saya naksir mesin cucinya, masa new normal ini banyak banget cucian. Semoga ada rezeki untuk beli.

    BalasHapus
  19. kangen dengan kehidupan normal sebelum kondisi pandemi ini ya kak, pengen segera semuanya kembali sedia kala, pergi kemana-mana dengan bebas, bertemu orang dengan bebas, meski begitu banyak hikmah yang bisa kita ambil dan justru meningkatkan kemampuan kita. dan beruntungnya kondisi ini terjadi saat teknologi sudah cukup maju ya kak, Tuhan memang sangat baik

    BalasHapus
  20. ALat dapur Modela ini emang keren banget ya mbak. Aku mupeng banget dengan produk-produk modela. Soalnya mas new normal ini kau masih sering di dapur. Maklum paksu masih belum mengizinkan buat jajan dan beli lauk di luar

    BalasHapus
  21. Walaupun pandemi telah berlalu kita mesti tetap menjaga kesehatan kapan dan di mana saja

    BalasHapus
  22. betul mbak kalau udah menyangkut anak anak ini agak susah juga, karena perlu penjelasan yang mudah dipahami oleh mereka soal apa itu wabah covid
    dan ternyata produk dari modena ini bener bener membantu kita untuk selalu hidup sehat

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...