Apakah Anda Ingin Sukses? Berbahagialah



Semoga Tuhan memberi kita kebahagian setiap hari setiap menit bahkan setiap detik. Bahagia adalah perasaan senang. Bahagia sulit untuk didefinisikan karena ukuran bahagia masing-masing orang berbeda. Pepatah jawa mengatakan kabeh gur sarwa sawang sinawang maksudnya kita selalu melihat orang lain "sepertinya" hidupnya selalu bahagia dan tidak memiliki kekurangan apapun. Padahal bisa jadi itu hanya kelihatannya atau hanya terlihat diluar saja. Mungkin bedanya mereka pandai bersyukur atau mungkin mereka memang menyembunyikan beban mereka agar orang yang berada disekitarnya tidak ikut bersedih.
Orang yang pandai bersyukur maka maka apapun yang terjadi ia akan menerima keadaan. Jadi dia akan terlihat selalu berbahagia . Orang yang pandai bersyukur dan berbahagia pasti akan lebih sukses daripada orang yang sering mengeluh karena orang yang bahagia hidupnya selalu optimis dan yakin dengan apapun yang dikerjakan meskipun ia tahu bahwa segala sesuatu pasti ada resikonya. Tapi itulah hidup jika tidak berani menerima konsekuensi maka hidup kita akan selalu jalan ditempat atau sulit untuk sukses. Kesuksesan hanya milik orang-orang yang optimis. Indikator kesuksesan ada beberapa hal.

  1. Iman yang kuat. Iman adalah yakin. Jika imannya kuat, kuatpula keyakinannya, kuat pula tekadnya. Orang yang yekadnya kuat sebesar apapun rintangan yang menghadang pasti akan dihadapi dengan sikap pantang menyerah. Banyaknya persaingan maupun pesaing tak akan membuatnya gentar dan mundur.
  2. Mandiri, tak akan menggantungkan nasibnya pada orang lain. Pertolongan dari manusia hanyalah sarana yang diberikan Tuhan. Tuhanlah tempat mutlak kota dalam meminta.
  3. Sederhana selalu tampil biasa saja. Tidak berlebihan bahkan tidak melebih-lebihkan diri. Ketika hidupnya sedang sukses dia tidak akan berlebihan, karena orientasi hidupnya adalah kebahagian bukan penilaian dan pujian dari orang lain. Hanya Tuhan yang tahu, berapa nilai kita berdasarkan watak dan karakternya. Intinya just the way you are.
  4. Sabar. Rasa tidak suka padaorang lain atau sebaliknya orang lain uang tidak suka,pasti akan menimbulkan rasa jengkel, marah dan campur aduk dalam pikiran. Tapi perlu diingat jika manusia tidak ada yang sempurna, tak ada gunanya memikirkan orang seperti itu. Lebih baik fokus dengan tujuan hidup kita. Karena orang uang menjengkelkan jika semakin dipikirkan malah akan membuat kita semakin jengkel. Hal itu malah akan membuat kacau pikiran kita. Ujung-ujungnya kita juga yang sengsara.
  5. Pemaaf. Jika kita merasa benar, meskipun tidak ada permintaan maaf maafkanlah. Karena itu akan membuat kita hidup lebih tenang. Jangan menyimpan dendam, karena dendam akan menimbulkan amarah yang bisa berujung kericuhan. Dan jika dipendam malah akan menimbulkan penyakit
  6. Selalu Berbuat Baik, ini juga termasuk hal yang sulit karena baik buruknya kita bukan kita sendiri yang menilai. Terkadang sikap kita sudah dirasa baik,  tapi ucapan kita masih belum bisa dijaga atau bahkan sebaliknya.
Semoga bermanfaat untuk semua termasuk saya pribadi. Hal terbaik adalah selalu berinstropeksi diri. Hidup hanya sebentar maka dari itu Janganlah bersedih berbahagialah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah Anda Ingin Sukses? Berbahagialah"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...