Tinggalkan Jejakmu Dalam Bentuk Tulisan



Menulis menurut KBBI adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapapun tergantung kebutuhannya.bentuk tulisan pun bermacam-macam ada yang untuk keperluan resmi adapula yang untuk keperluan tidak resmi. Contoh yang resmi misalnya surat undangan, teks pidato dll. Yang tidak resmi misalnya mengarang, menulis dairy dan seperti yang sedang saya lakukan saat ini, yaitu menulis di blog.

Menjadi blogger ternyata tidaklah mudah, terutama agar tulisannya bisa dibaca oleh warganet. Tulisan haruslah menarik, meskipun bukan trending topik tapi harus bisa tepat sasaran dan memikirkan topik yang sekiranya diperlukan oleh orang lain. Ternyata blogger bukan sekadar menulis melainkan sebuah pekerjaan yang harus ditekuni dengan serius. Saya membuat blog sudah sejak lama, tapi mulai menulis sekitar satu bulan terakhir ini. Meski hal apapun bisa ditulis, tapi menemukan ide tidaklah mudah. Kadang ide sudah ditemukan tapi menuangkan ide hingga membentuk sebuah rangkaian cerita tidaklah mudah. Dibutuhkan suatu kebiasaan menulis agar ide bisa cair dan mengalir sesuai alur. Di awal menulis, pastilah ada rasa tidak percaya diri akan hasil tulisan, tapi semua harus ditepis dan tetap optimis. Karena yang namanya sebuah proses pasti akan ada kesulitan didalamnya.

Semua orang dilahirkan dekan bakat dan keistimewaan masing-masing. Tapi dalam hal tulis-menulis saya kira semua orang bisa melakukannya, meskipun hasil akhirnya tidak akan sebagus penulis-penulis terkenal. Dengan menulis banyak manfaat yang kita dapatkan yaitu:

  1. Dari kegiatan menulis tanpa disadari kita akan menjadi rajin membaca, karena apapun yang kita tulis biasanya akan dibutuhkan beberapa referensi seperti kamus, buku pedoman dll. Yang jelas pengetahuan kita akan bertambah.
  2. Dengan menulis, rekam jejak kegiatan kita akan tersimpan. Misal saat kita menceritakan pengalaman (memasak, kuliner, wisata, bekerja dll)
  3. Menulis juga bisa jadi sarana berbagi. Membagikan hal-hal yang kita tahu, berbagi pengalaman, menginfokan tentang kejadian, dan hal lain yang tanpa kita sadari dibutuhkan oleh orang lain.
  4. Menghasilkan sesuatu. Selain ketiga hal diatas menulis ternyata juga bisa dimonetisasi. Seperti menulis di blog dan mengikuti kompetisi menulis (cerpen, puisi dll)
Ayo menulis, tidak perlu ragu dan malu selama tidak melanggar aturan dan tidak menulis tentang hal yang memicu kontroversi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tinggalkan Jejakmu Dalam Bentuk Tulisan"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...