#Dirumahaja : Membuat Terang bulan mini


Lebih dari dua pekan social distancing diterapkan. Kebijakan ini berimbas pada kegiatan rutin keluarga, yang biasanya separuh waktu berada diluar rumah kali ini hampir 100% ada #dirumahaja. Ternyata memang tidak gampang berada didalam rumah meskipun itu dirumah sendiri dan bersama keluarga yang tentunya sudah sangat kita kenal. Hal ini lebih dikarenakan rasa bosan karena merasa kegiatan yang dilakukan hanya itu-itu saja.

Ibu sebagai jantung rumah tangga wajib pintar memutar otak, berpikir kreatif bagaimana caranya agar suasana rumah setiap hari ceria dan menyenangkan. Yah.....meskipun kadang ada ribut-ribut kecil buah hati yang memperebutkan sesuatu yang sangat "tidak penting".

Survey membuktikan (dari obrolan emak-emak di grup WA) ternyata #dirumahaja juga membuat budget bertambah. Meskipun anak tidak jajan diluar, dan berkurangnya biaya tranport namun saat dirumah kurang lengkap rasanya jika tidak ada camilan. Jikapun beli, ada rasa was-was mengingat suasana luar rumah sedang "kacau". Dan lagipun membeli diluar akan membuat pengeluaran menjadi dua kali lipat atau lebih karena jelas lebih mahal.

Agar tidak bosan saya membuat camilan yang berbeda-beda. Hari ini saya membuat martabak mini. Resep ini saya dapatkan dari teman.

Bahan: telur 1 butir, margarin dilelehkan kira-kira 3 sendok makan, gula 6 sendok, terigu 1/4 kg, tepung maizena 2 sendok, ragi instan 1 sendok teh, baking powder 1/2 sendok teh, air secukupnya.
(jika ingin lebih gurih bisa ditambahkan susu)
Meises/ coklat/ keju

Cara membuat: campur semua bahan menjadi satu kecuali tepung terigu dan tepung maizena. Aduk keseluruhan bahan dengan whisk atau bisa pakai sendok hingga tercampur rata. Setelah itu masukkan tepung maizena dan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Beri air hingga adunan seperti pasta tapi jangan terlalu cair dan jangan terlalu kental
Siapkan cetakan panaskan dalam api sedang. Masukkan adonan saat cetakan sudah panas.
Untuk pemberian toping sesuai selera, saya memberi toping saat adonan setengah matang agar toping menempel dan tidak jatuh ketika dimakan. Ada sebagian yang memberi toping saat adonan sudah matang.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "#Dirumahaja : Membuat Terang bulan mini"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...