Ayo Hidup Sehat



Di era milenial yang serba canggih ini kita begitu dimanjakan dengan berbagai kemudaha, mulai dari fasilitas transportasi, telekomunikasi hingga kemudahan dalam mendapatkan barang dan jasa. Berbagai macam kemudahan atau yang dikenal dengan hidup serba "instan" inilah yang merubah pola hidup masyarakat, seperti kurang bersosialisasi, tergantung dengan alat dan malas bergerak. Tanpa disadari hidup yang terlihat menyenangkan padahal sebenarnya monoton inilah yang membuat kualitas hidup manusia semakin menurun bahkan berdampak buruk pada kesehatan.

Dua tahun lebih kita dipaksa hidup berkompromi dengan makhluk patogen berukuran mikron, yaitu Covid-19. Penularan yang sangat cepat serta bahaya  membuat kita khawatir dan waspada, harap-harap penyebaran virus ini segera terhenti. Ditambah lagi munculnya varian baru dengan berbagai macam gejala serta bahaya kesehatan yang ditimbulkan 

Dalam berbagai teori hampir menjelaskan jika patogen termasuk diantaranya virus dan bakteri sulit untuk menginfeksi seseorang jika orang tersebut memiliki daya tahan tubuh yang kuat, artinya kita harus selalu dalam keadaan sehat dan berstamina.  Ada berbagai cara menjaga daya tahan tubuh, diantaranya menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan serta menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Pola hidup sehat adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Beberapa pola hidup sehat yang dilakukan seseorang termaduk kami sekeluarga diantaranya:
  1. Menerapkan pola makan sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Hal ini didasarkan dari usia, jenis kelamin serta kegiatan yang dilakukan. Misalkan jumlah pemenuhan gizi seorang anak tujuh tahun tidak mungkin sama dengan orang yang berusia 25 tahun. Tentunya selain karena umur kegiatan yang mereka lakukan juga tidak sama. Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara memenuhi nutrisi tubuh serta membentuk anti bodi yang dapat menangkal radikal bebas. Makanan dari unsur yang mutlak diperlukan tubuh dalam jumlah besar (makro nutrien) meliputi karbohidrat, protein dan lemak serta wajib menyertakan makanan yang dibutuhkan tubuh namun tidak terlalu besar jumlahnya (mikro nutrien) contohnya vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayur dan buah.
  2. Mengurangi kebiasaan "buruk" yang dapat mengganggu sistem tubuh seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau terlalu sering makan makanan instan dan minuman yang memiliki pewarnaserta gula yang tinggi.
  3. Melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga secara teratur. Kesibukan serta kemudahan yang diberikan oleh kecanggihan teknologi mulai dari delivery makanan, online shopping dll membuat kita jadi jarang melakukan aktifitas. Jika aktifitas minim tapi makanan yang maduk serta kebiasaan ngemil semakin sering, tidak menutup kemungkinan akan terjadi obesitas. Obesitas rentan memicu berbagai penyakit seperti hipertensi, jantung, diabetes kolesterol dll.  Untuk itu perlu sedikit "memaksa diri" untuk rutin berolahraga meski hanya 30 menit perhari. Selain untuk membakar kalori dan membentuk tubuh agar ideal, olahraga juga bertujuan agar tubuh tidak kaku atau merasa cepat lelah saat beraktifitas. 
  4. Cek kesehatan secara berkala. Dengan tujuan untuk mengetahui bahwa kita sehat, dan jikapun ada sedikit gangguan penyakit kecil, bisa langsung ditangani. Kebanyakan orang suka abai terhadap hal yang satu ini. Selain karena biaya,juga dikarenakan paranoid dengan hasil yang belum pasti.
  5. Wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selama 20 detik, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Serta yang tidak kalah penting adalah melaksanakan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.
Selain pola hidup sehat, pola hidup bersih di lingkungan sekitar juga tidak kalah penting. Karena pola ini sangat menunjang kesehata kita. Lingkungan yang tidak bersih akan mempermudah berkembangnya penyakit, sebab bakteri dan virus berkembang pesat ditempat kotor, kurang cahaya dan lembab. Selain menjaga kebersihan diri agar terlihat indah, tidak ada salahnya  menyempurnakan keindahan dengan menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari membuang sampah pada tempatnya, mengusahakan setiap tempat bisa terkena sinar matahari agar tidak lembab, memberdayakan aspek sanitasi dengan baik dan benar sesuai kriteria kesehatan. Menyediakan ruang terbuka hijau agar kualitas udara semakin baik.





Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Ayo Hidup Sehat"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. setuju banget ka sama tipsnya biar badan kita tetap sehat dan bugar di masa pandemi begini, so far aku udah lakuin semua tipsnya, mudah-mudahan ya kita semua sehat selalu dan pandemi ini segera selesai, aamiin

    BalasHapus
  3. Banyak hikmah dengan adanya corona ini salah satunya hidup sehat ya mba. Semoga pandemi ini segera berakhir

    BalasHapus
  4. Paling gak enak kalo ada yang merokok di sekitar kita saat pandemi begini. Alhamdulillah suami saya bukan perokok.

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...