Itinerary Liburan Akhir Tahunku



Sumber gambar: dokumentasi pribadi
Liburan adalah kebutuhan, bisa jadi merupakan kebutuhan yang vital bagi sebagian orang yang aktifitas kerjanya tinggi. Liburan berguna sebagai sarana penyegaran jiwa dan pikiran. Karena sekuat apapun fisik jika jiwa dan pikiran lesu maka fisik juga akan ikut lesu, ciri orangnya adalah mudah capek, mudah marah dan sulit tersenyum. 
Ditengah tekanan pekerjaan yang bertubi-tubi hendaklah kita pandai dalam mengatur jadwal bekerja maupun berlibur. Minimal dalam sebulan kita harus meluangkan waktu memanjakan diri dan keluarga (bagi yang sudah berkeluarga) mungkin untuk sekedar bepergian menghirup udara segar atau mungkin merasakan nikmatnya kuliner yang belum pernah kita coba. Bahasa kerennya "trip tipis-tipis". Mungkin ini tidak perlu itinerary atau rencana perjalanan. Cukup dihari minggu tancap gas dan sampai. Tapi terkadang dalam waktu tertentu, misal liburan sekolah, liburan akhir tahun pasti ada keinginan menikmati liburan ditempat lain yang mungkin belum pernah dikunjungi atau mungkin sudah pernah dikunjungi tapi tempat tersebut sangat berkesan. Jika tempatnya lumayan jauh kita perlu menyiapkan perencanaan yang matang. Apalagi jika liburannya bersama keluarga pasti banyak hal-hal yang mesti dipersiapkan.

Sekarang sudah memasuki bulan november, kurang lebih satu setengah bulan lagi atau penghujung desember ada liburan panjang khusus anak sekolah. Sebagai orang tua kadang ada rasa iba jika anak hanya bermain dirumah, bukan apa-apa sebenarnya, hanya saja saat masuk sekolah diawal semester biasanya tiap anak ditugaskan untuk menceritakan pengalamannya selama liburan sekolah. Agak tragis jika teman-teman sekelasnya bercerita tentang pengalaman berlibur ke tempat-tempat jauh sedangkan anak kita hanya dirumah saja. Maka dari itu harus ada itinerary liburan. Bukankah tidak ada salahnya jika segalanya dipersiapkan dan dirancang secara matang agar jika terlaksana kita sudah siap secara fisik maupun financial. Berikut hal-hal yang biasa saya lakukan/persiapkan saat saya akan berlibur (liburan lebih dari dua hari):

  1. Menentukan Tujuan. Akan kemanakah liburan kita nanti, apa saja yang akan kita lakukan disana. Kalaupun mengajak serta si kecil sebaiknya bukan di tempat yang ekstrim dan memiliki nilai edukasi. Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata yang menarik dan edukatif, tinggal kita memutuskan manakah tempat yang aman, menarik dan belum pernah dikunjungi.
  2. Menentukan Lamanya Bepergian dan jumlah personil. Penentuan ini penting guna mempersiapkan berapa besar dan banyak kebutuhan yang harus disiapkan. 
  3. Mempersiapkan Biaya. Biaya tersebut meliputi biaya transportasi, penginapan, uang saku serta biaya tak terduga. Dalam hal transportasi tidak perlu ada rasa khawatir, jika pun tidak memakai kendaraan pribadi banyak transpotasi offline serta online yang menawarkan dengan harga bersaing. Tinggal request tempat tujuan maka kita akan diantar langsung ke tempat tujuan. Begitupun dalam hal penginapan banyak pilihan serta harga yang ditawarkan sesuai fasilitasnya. Sedikit berbagi, ada perusahaan travel yang menawarkan berbagai promo. Promo paling menggiurkan adalah Penginapan/ hotel murah yaitu kamar dengan harga  Rp. 1000 dimalam pertama belum lagi promo cashback, diskon dll. Sangat menarik bukan, bayangkan keuntungan yang kita dapatkan. Kita bisa berhemat dan uangnya bisa kita pakai untuk beli oleh-oleh. Cuma di Booking Lokal Kita bisa mendapatkan penawaran tersebut segera klik https://bookinglokal.com/ Untuk memilih penginapan yang cocok untuk kita dan keluarga atau bisa juga follow ig @bookinglokal. Gampangkan? 
Inilah itinerary liburan akhir tahun ini jika kami pergi ke Surabaya untuk dua hari.

  • Jumlah personil 4 orang
  • Transportasi (pribadi) Rp 500.000
  • Penginapan (1 kamar)/ hotel biasa per malam Rp 300.000
  • Biaya makan 4 x 25.000 x 3kali makanx 2 hari Rp 600.000
  • Tiket masuk tempat wisata (1) 100.000 per orang x 4 Rp 400.000
  • Tiket masuk tempat wisata (2) dewasa 80.000 x2 anak-anak 60.000 x 2 Rp 280.000
  • Lain-lain dan biaya tak terduga Rp 1.000.000 
  • Jadi TOTAL biaya adalah 3.080.000
Itulah biaya yang mesti dipersiapkan. Tapi dengan Booking Lokal kita bisa menekan pembiayaan dari pengurangan biaya penginapan karena ada penawaran Penginapan/ hotel murah #Gampangkan



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Itinerary Liburan Akhir Tahunku"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...