Ayam Pop Awet Kriuk

Gambar: dokumentasi pribadi
Melihat gambar diatas pasti tidak ada rasa ketertarikan apalagi mencoba. Ya, selain bukan hasil dari jepretan fotografer profesional, juga bukan merupakan hasil karya dari chef ternama. Tapi saya yakin ibu rumah tangga manapun adalah chef terbaik untuk keluarga terutama putra putrinya. Tidak ada yang lebih menyenangkan hati seorang ibu saat masakannya ludes bahkan ada yang meminta dibuatkan lagi.
Anak-anak saya sangat menyukai ayam, terutama ayam goreng yang memakai tepung bumbu. Tetangga bilang jika ingin bumbu meresap hingga ke daging rendam ayam dalam beberapa waktu. Tapi jika situasi sedang mendesak lebih baik potong ayam lebih kecil dan tidak terlalu tebal. Bukankah ukuran mini akan lebih menarik dan tinggl lep??? Ayam tepung kriuk dengan ukuran mini biasa disebut ayam pop. Cara buatnya sangat gampang.

  • Potong ayam dengan ukuran sesuka hati cuci bersih kemudian rendam dengan garam dan merica. Sisihkan.
  • Setelah itu siapkan bumbu halus: bawang putih, merica garam dan sedikit ketumbar (optional, saya pakai agar tidak amis karena sedang tidak punya jeruk nipis)
  • Campur bumbu halus dengan sedikit air kemudian campur dengan tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 2 : 1 sebagi adonan basah. Tepung beras membuat adonan tidak cepat lembek (saya sudah membuktikan sendiri๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š) 
  • Masukkan ayam yang sudah direndam bumbu dalam adonan basah aduk merata dengan bumbu.
  • Siapkan adonan kering tepung terigu dan tepung beras seperti perbandingan diatas. 
  • Kemudian ambil ayam dan baluri dengan adonna kering. Jika ingin tepung tipis lakukan hal tersebut sekali saja. Jika ingin tebal lakukan secara berulang. 
  • Goreng dengan api sedang
  • Semoga bermanfaat
Masakan tersedap adalah masakan rumah. Semoga ibu-ibu millenial tetap setia menghidangkan masakan untuk keluarga bagaimanapun hasilnya. Karena suatu saat hal itulah yang menjadi magnet ketika orang-orang tersayang kita sedang berada jauh dari kita. Magnet rindu masakan ibu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ayam Pop Awet Kriuk"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...