Perkedel kentang sederhana


Sumber gambar: https://pixabay.com/id

Ada yang bilang jika perkedel merupakan singkatan dari PERsatuan KEntang dan tElur. Makanan yang satu ini identik sebagai lauk meskipun bahan utamanya berupa karbohidrat (kentang). Cocok sebagai teman makan nasi uduk maupun nasi lemak. Banyak dari sebagian orang mencampurkan irisan dahing sapi maupun daging ayam sebgai campuran agar lebih nikmat. Namun kali ini saya akan membuat yang original saja yaitu pure berbahan utama kentang dan telur saja.

Saya bukan seorang koki juga bukan penghobi memasak, tapi karena kewajiban saya sebagai ibu rumah tangga mengharuskan saya, untuk mau tidak mau, suka ataupun tidak suka harus bisa memasak. Cukuplah anak dan suami sebagi juri, jika mereka ogah-ogahan makan berarti masakan tidak enak tapi jika mereka lahap bahkan minta tambah lagi berarti masakan kita dalam kategori enak untuk disajikan.
Perkedel kentang yang saya buat ini adalah hasil contekan dari resep ibu. Meskipun memakai bumbu sangat sederhana, jika diracik dengan ukuran yang pas maka rasanya juga enak.

Bahan utama: kentang, telur
Bumbu halus: bawang merah, bawang putih, merica, garam, penyedap rasa (bila suka)


Cara membuat: kupas kentang, kemudian cuci bersih. Potong dadu kemudian kukus atau goreng.

 Setelah digoreng haluskan kentang, campur dengan bumbu halus, lalu bentuk bulat pipih. Siapkan telur dalam wadah yang berbeda, beri sejumput garam, kocok hingga garam merata. Celupkan kentang yang sudah di pipihkan, bolak-balik hingga tercampur sempurna dalam telur.


 Goreng hingga matang.





Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Perkedel kentang sederhana"

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...