Camilan Simpel dan Ekonomis


Sore hari selepas kerja, melepas lelah paling enak adalah istirahat ditemani camilan. Malam minggu kumpul keluarga, kumpul dengan teman paling nikmat jika ditemani camilan. Camilan merupakan makanan yang sifatnya ringan atau gampang untuk dimakan (tinggal lep). Meskipun harganya terjangkau tapi jika untuk dimakan ramai-ramai akan membutuhkan banyak biaya pula. Apalagi jika tanggal sudah tak lagi muda, dompet pun sudah berasa terisi bawang merah alias bawaannya pengen nangis kalau lihat isinya. Sebagai emak-emak naluri pengiritan saya memberontak jika anak dan suami selalu menanyakan ketersediaan camilan. Saya pun berpikir  bagaimana caranya membuat anak dan suami bisa ngemil tapi keuangan tidak jebol terutama di tanggal-tanggal tua.

Saya pun berinisiatif membuat camilan sendiri yang gampang dibuat, karena dasarnya saya tidak pintar memasak. Selain itu saya memilih bahan yang mudah didapat dan juga murah tapi tidak murahan. Inilah beberapa camilan yang mudah dibuat dan ekonomis yang mungkin bisa jadi pilihan saat kumpul-keluarga.

1. Pisang goreng
Ada banyak jenis pisang dinegara kita, seperti pisak kepok, pisang raja, pisang ambon dll. Sebagian pisang lebih enak jika langsung dimakan sebagian lagi lebih nikmat jika diolah. Olahan pisang yang paling mudah dan cepat saji adalah pisang goreng. Cukup dengan membuat tepung terigu dicampur sedikit air, jika suka manis beri sedikit gula. Kemudian iris pisang sesuai selera, campurkan dalam adonan tepung. Goreng hingga berwarna keemasan, sajikan hangat.

2. Bakwan
Selain bakwan sayur ada juga bakwan jagung. Keduanya sama-sama mudah dan cepat dalam mengolah. Untuk bakwan sayur cukup menyiapkan sayuran seperti wortel, kubis, kol, buncis, kecambah atau sayuran apapun yang kita suka. Iristipis dan kecil. Capurkan dengan tepung terigu yang sudah dibumbui dengan bawang putih, merica dan garam. Tambaahkan sedikit air dan telur agar adonan empuk. Goreng dengan api sedang. Sedangkan untuk cara membuat bakwan jagung adalah sisir jagung kemudian blender bersama bawang merah, bawang putih, garam tambahkan cabe rawit jika suka pedas . Tambbahkan telur dan tepung terigu sebagai perekat. Cek rasa dan goreng dengan api sedang.

3. Tahu/ tempe selimut
Tahu dan tempe merupakan lauk pokok orang Indonesia. Tak hanya untuk lauk tahu dan tempe juga cocok sebagai camilan. Salah satunya dibuat menjadi tempe dan tahu selimut. Caranya buat adonan selimut dengan cara haluskan bawang putih, merica, ketumbar dan garam kemudian campurkan ke dalam adonan tepung terigu dan air. Agar lebih gurih tambahkan irisan daun bawang pada adonannya. Campurkan tempe atau tahu yang sudah digoreng sebelumnya. Lumuri adonan secara merata. Kemudian goreng hingga matang.

4. Olahan dari aci
Aci/ tepung tapioka memiliki harga yang relatif murah dan mudah didapat. Aci bisa dikreasikan dengan berbagai bahan lain. Seperti ayam, nasi, ikan, tahu. Bumbunya pun cukup bawang putih merica dan garam. Sesuaai selera, aci bisa digoreng ataupun dikukus.

5. Rujak
Yang dimaksudkan disini bisa rujak buah ataupun rujak kerupuk. Masing- masing daerah memiliki cara untuk membuat bumbu dari rujak. Jika saya bumbunya adalah kacang goreng, bawang goreng sedikit petis ikan tomat, cabai, garam dan gula merah. Semua bumbu dihaluskan, beri sedikit air agar bumbu tidak terlalu encer. 
Itulah beberapa contoh camilah mudah dan murah yang bisa kita hidangkan saat berkumpul dengan keluarga ataupun teman. Karena apapun makanannya jika dinikmati bersama-sama dengan penuh kehangatan, rasanyapun pasti akan lebih nikmat.

Semoga bermanfaat😊 

Sumber gambar: pixabay.com


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Camilan Simpel dan Ekonomis"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...