#DirumahAja : Belajar Membuat Kue Kering anti gagal

Menjelang hari raya banyak sekali lihat toko maupun perorangan berjualan kue kering, tak hanya disekitar saja melainkan di sosial media juga banyak dari netter yang menjajakan kue kering hasil karyanya ataupun sebagai reseller. Meskipun dibeberapa daerah ada himbauan untuk tidak melakukan open house, dan hanya diperbolehkan bersilaturrahmi via telpon, online, chatting dan sejenisnya tapi tidak mengurangi semangat para pembuat kue untuk berkreasi. Saya merasa sangat kagum pada mereka yang mampu bertahan dan terus berusaha lewat kreatifitas untuk menghasilkan rupiah. 

Mungkin beberapa dari kita berpikir jika hari raya sepi atau berlangsung tidak meriah, untuk apa kita repot-repot membuat atau membeli ini itu. Eits buang jauh-jauh pikiran seperti itu, meskipun kita tidak bisa langsung bersilaturrahmi tapi setidaknya kita bisa berbagi. Jikapun keadaan ekonomi kita sendiri mungkin sedang tidak baik, kita bisa mengakalinya dengan membuat sendiri. Ketakutan gagal pasti menghantui, bukan hanya karena nanti tenaga sia-sia tapi juga pastinya berpikir tentang budget yang menipis akan terbuang percuma jika gagal.

Saya adalah ibu rumah tangga yang tidak pandai memasak. Kadang kurang garam rasanya aneh dll. Tapi tetap saja saya berusaha untuk bisa karena saya ingin seperti ibu saya, dimana saat saya jauh di perantauan, hal yang membuat saya ingin pulang selain karena rindu keluarga juga karena rindu masakan ibu. Itulah mengapa saya sering memasak sendiri daripada membeli, saya ingin anak-anak saya menyukai olahan ibunya 😁😁😁 .

Di medsos terutama facebook banyak berseliweran gambar kue beserta resepnya. Meskipun kuenya sama namun ada berbagai perbedaan bahan dari masing-masing pembuat. Tentu teksturnya juga berbeda walaupun dalam bentuk yang sama. Saya mencoba mengambil satu resep yang sangat gampang dan sederhana. Kalau di daerah saya nama kuenya  adalah roti semprit, tapi karena saya tidak memiliki cetakan akhirnya saya cetak manual memakai kreatifitas dangkal saya.

Karena ini merupakan kali pertama saya buat jadi saya buat dalam jumlah sedikit, intinya bisa dipakai takjil. Berikut bahannya: 1,5 ons tepung maizena, 1 sachet kental manis putih dan 75 gram mentega. 
Cara membuatnya juga sangat gampang campur mentega dan kental manis, uleni sampai tercampur rata, kemudian masukkan tepung, campur kembali, tidak perlu lama-lama yang penting sudah bercampur menjadi satu. Cetak suka-suka kita. Kemudian oven.
Bagi yang tidak punya oven tidak perlu khawatir, karena saya memakai teflon yang diatasnya diberi sarangnya penanak nasi. Tata adonan yang telah dibentuk kemudian taruh diatas sarangan kemudian tutup. Gunakan api yang sangat kecil. Tunggu 25-30 menit.
(jika suka manis tambah adonan dengan gula halus)
Hasil kue kering saya lumayan, cuma warnanya kurang bagus karena memang baru mencoba.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "#DirumahAja : Belajar Membuat Kue Kering anti gagal"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...