Soal Biologi tahun 2020 semester 2

Soal kelas x semester genap
Salah satu ciri makhluk hidup adalah memiliki (1) merupakan Unit terkecil kehidupan, ada yang memiliki selaput inti atau (2) dan ada yang tidak memiliki selaput inti (3). Berdasarkan ciri tersebut makhluk hidup terbagi atas Lima kingdom berdasarkan ciri pembedanya yaitu (3), (4), (5), (6), (7).
Jamur atau (8) merupakan salah satu makhluk hidup yang terkadangoleh orang dimasukkan dalam jenis tumbuhan, padahal sebenarnya bukan. Mereka memiliki ciri yang berbeda misalkan dari cara memperoleh makannya jamur termasuk organisme (9) sedangkan tumbuhan termasuk organisme (10), Karena jamur tidak memiliki (11) untuk (12) seperti pada tumbuhan. Begitupun dalam rantai makanan jamur bertindak sebagai (13) dan tumbuhan sebagai (14). Dalam perkembangbiakan secara generatif jamur menghasilkan (15) dan tumbuhan menghasilkan (16). Ada jamur menguntungkan dan ada yang merugikan. Jamur yang menguntungkan misalnya untuk pembuatan oncom yaitu (17), pembuatan tempe yaitu (18), dll. Sedangkan contoh jamur merugikan misalnya jamur (19) menyebabkan penyakit panu dan jamur (20) menyebakan sariawan.
Dunia tumbuhan terbagi menjadi tiga yaitu lumut (21), paku (22) dan tumbuhan berbiji (23).Lumut dan paku mengalami (24) dalam siklus hidupnya sedangkan tumbuhan berbiji tidak. Klasifikasi tumbuhan berbiji terdiri atas tumbuhan biji terbuka atau (25) dan tumbuhan biji tertutup atau(26). Salah satu ciri tumbuhan biji terbuka sisik pembawa biji berkumpul membentuk suatu kerucut disubut(27). Tumbuhan berbiji tertutup juga disebut tumbuhan berbunga atau (28) alat perkembangbiakan seksual berupa (29). Berdasarkan jumlah keping bijinya tumbuhan biji tertutup dibedakan menjadi dua kelas yaitu biji berkeping dua atau (30) dengan ciri berakar (31) tulang daun (32) atau (33), batangnya bercabang dan  berkayu karena memiliki(34) jumlah mahkota bunganya (35). Kelas berikutnya adalah (36) atau tumbuhan berkeping satu. Cirinya memiliki akar (37), tulang daun (38), batangnya (39) seperti jari, mahkota bunga berjumlah(40)

Soal semester genap kelas xi
Beberapa ciri makhluk hidup diantaranya adalah respirasi, ekskresi dan Iritabilita. Respirasi eksternal terjadi di (1) Sedangkan respirasi internal terjadi di (2). Oksigen dari proses respirasi masuk melaui (3), (4), (5), (6), (7), (9), (10). Alat respirasi manusia berupa (11) yang terletak di rongga dada yang dibungkus oleh selaput yaitu (12). Proses pernapasan dada  maupun perut berlangsung secara (13) melibatkan otot (14) dan otot (15). Saat bernapas biasa atau dalam keadaan istirahat volume udara sebesar (16), saat inspirasi maksimal volume sebesar (17), ekspirasi sebesar (18) dan kapasitas total sebesar (19).
Ciri berikutnya adalah ekskresi, organ ekskresi pada manusia ada empat yaitu (20) untuk menyaring darah, (21), kulit untuk mengeluarkan keringat yang kandungan utamanya adalah (22) dan (23), paru-paru dan hati mengekskresikan (24) yang didalamnya terdapat pigmen (25)dan disekresikan pada ginjal dan usus besaryang memberi warna pada (26) dan (27)
Kemampuan makhluk hidup selanjutnya adalah iritabilita/ menanggapi rangsang. Pada manusia rangsangan Dari luar ditanggapi oleh (28) yaitu berupa mata, hidung, telinga, kulit dan lidah. Setelah Ditanggapi, rangsangan akan diterima oleh (29) untuk diteruskan menuju ke pusat saraf. Gerakan secara sadar akan diteruskan menuju ke otak sedangkan refleks akan diteruskan menuju ke (30). Sistem saraf pusat terdiri atas otak, (31) dan (32) .Otak terdiri atas lima bagian yaitu otak besar (33) yang memiliki empat lobus yaitu (34), (35), (36), (37), (38).
Selain sistem saraf terdapat sistem kelenjar. Terdapat dua sistem yaitu kelenjar eksokris dan kelenjar endokrin yang memproduksi (39). Macam-macam kelenjar yaitu Kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid dan paratiroid, kelenjar timus, kelenjar anak ginjal, kelenjar pankreas dan kelenjar gonad. Hipofisis bagian anterior menghasilkan hormon diantaranya (40) untuk pertumbuhan. Hormon (41) untuk mensekresi glukokortikoid. Hormon (42) merangsang pematangan folikel, (43) berperan dalam pematangan sel gonad wanita. (44) untuk proses spermatogenesis dan (45) menghasilkan hormon testosteron. Kelenjar pankreas terdapat di (46) menghasilkan (47) dan (48) Kelenjar gonad pada pria menghasilkan hormon (49) pada wanita menghasilkan hormon (50).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal Biologi tahun 2020 semester 2"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...