Kejar Prestasi Dengan Melek Teknologi Informasi

Sumber gambar: pixabay.com

Teknonologi merupakan pengembangan dari ilmu pengetahuan yang berfungsi untuk memudahkan hidup manusia. Di era yang serba canggih ini serasa ketinggalan zaman jika kita tidak mampu mengikuti perkembangan teknologi, akan lebih membuat minder lagi jika saat dihadapkan dalam suatu bentuk teknologi kita tidak mampu mengoperasikannya.
Salah satu macam dari teknologi adalah IT. IT merupakan singkatan dari information techology atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Teknologi Informasi. Kata IT rasanya sudah tidak asing lagi bahkan sangat akrab ditelinga kita. Bukan hanya kata ataupun tulisannya saja tapi IT sudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bahkan menjadi teman akrab kita dalam melakukan aktifitas maupun pekerjaan sehari-hari. Mengingat pentingnya IT dalam kehidupan saat ini, maka pembelajaran IT pun sudah dimasukkan dalam salah satu kegiatan ekstrakurikuler tingkat sekolah.

Gambar: Tempat kerja (dokumentasi pribadi)

Jika berbicara tentang IT pikiran kita pasti akan langsung tertuju pada komputer, yang fungsinya kurang lebih untuk mengolah, menyimpan informasi teks, numerik, gambar dan vokal. Saat ini hampir semua kegiatan maupun pekerjaan umumnya berbasis komputer. Jika kita lihat anak sekolah dasar banyak dari mereka yang sudah ahli dalam bidang IT bahkan sebagian dari mereka ada yang mampu membuat aplikasi. Tapi meskipun demikian masih banyak dijumpai terutama generasi muda yang gagap teknologi. Jangankan untuk mengolah data, menghidupkan alatnya saja kadang masih asing. Bukan karena tidak bisa melainkan kurang kesadaran akan pentingnya teknologi. Mau tidak mau jika manusia ingin maju harus bisa melawan ketertinggalan akan teknologi.

Mungkin bagi pemula yang wajib dipelajari adalah microsoft office lengkap. Ini sangat penting bagi yang mau bekerja di perkantoran, tapi bukan berarti orang yang bekerja di luar kantor tidak perlu mempelajari ini. Aplikasi ini merupakan aplikasi sangat dasar. Jadi rasanya sangat wajib bagi generasi millenial untuk menguasai paling tidak beberapa aplikasi dari microsof office ini. Microsoft office lengkap meliputi microsoft word (menulis berbagai hal, seperti buku, surat, dokumen dan lainnya),  microsoft power point (digunakan untuk mempresentasikan sesuatu), microsoft excel (pengolahan data berupa angka), microsoft outlook (menyediakan kalender, kotak surat dan juga jadwal bersama), microsoft one note (mengumpulkan berbagai informasi gratis), microsoft access (membuat database), microsoft publisher (dekstop publishing), microsoft lync (aplikasi untuk chatting).
Selain  program dasar diatas mungkin kita sudah tidak asing dengan desain grafis (graphic design). Intinya disini kita mempelajari tentang cara menciptakan persepsi dari tulisan, bentuk maupun gambar. Dua program diatas merupakan salah satu contoh program kursus yang umum dan juga terdapat di NF computer. Dua program tersebut merupakan program yang sering kita jumpai dan mungkin kita perlukan. Contoh gampang saja saat membuat poster kita pasti butuh desain grafis agar hasilnya memuaskan. Atau mungkin saat kita mencetak undangan rapat, menulis artikael dan lainnya kita perlu menguasai microsoft office agar hasilnya tidak kaleng-kaleng. Ayo kaum muda, tembus batas kemalasan kita, dengan cara belajar dan terus belajar agar kita tidak mengalami ketertinggalan, karena waktu yang terbuang tidak akan pernah kembali datang.






Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kejar Prestasi Dengan Melek Teknologi Informasi"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...