Agar Tidur Lebih Nyenyak




Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi susah tidur, tapi belum ke level insomnia lho ya.... 

Berikut tips (nasehat) agar cepat tidur ampuh warisan dari mbok (mbah) saya, ketika saya masih kecil.


  1. Jangan tidur dalam keadaan lapar. Biasanya perut yang lapar akan membuat pikiran gelisah dan tidak tenang. Padahal kita semua tahu tidak baik jika makan kemudian langsung tidur, selain menyebabkan penimbunan gula dan obesitas, tidur setelah makan juga dapat mengganggu kerja saluran cerna. Untuk itu usahakan mengatur waktu makan sekurang-kurangnya dua jam sebelum tidur.
  2. Tubuh yang lelah bukannya membuat kita  tidur semakin nyenyak melainkan akan membuat kita sulit tidur. Banyak cara untuk menghilangkan lelah seperti pijat, spa atau yang lainnya. Tapi sayangnya itu semua butuh biaya. Kita bisa meminimalisirnya dengan mencoba cara lama dan sederhana yaitu mandi dan berendam di air hangat. Air hangat dipercaya mampu merelaksasi otot yang lelah akibat aktifitas yang padat.
  3. Usahakan diri dalam keadaan bersih (kaki, tangan dan gigi). Selain kebersihan diri jangan lupa kamar dan tempat tidur dalam suasana menyenangkan. Artinya tidak berantakan dan bau. Sebab keadaan yang berantakan disertai aroma yang tidak sedap membuat kita tidak nyaman dan sulit untuk tidur.
  4. Tenangkan pikiran dan melupakan sejenak permasalahan yang terjadi selama sehari itu. Tapi memang tidak mudah, untuk mengalihkan pikiran bawa imajinasi kita untuk mengingat hal-hal yang menyenangkan. Misalnya mengingat saat-saat kita masih kecil, mengingat keceriaan bersama keluarga atau mungkin mengingat saat kita mendapatkan keberuntungan.
  5. Pakailah metode menghitung domba. Kalau saya hanya metodenya saja. Masalah menghitungnya bukan domba yang saya pakai, melainkan doa-doa atau kata yang menyebutkan nama Tuhan. Ibaratnya seperti sambil menyelam minum air, kita lama-kelamaan mengantuk tapi juga mendapat kebaikan dari kata-kata yang keluar dari mulut kita.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: galeri photo pribadi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Agar Tidur Lebih Nyenyak"

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Menyusun Best Practice (27 September 2022)

alhamdulillah presentasi terakhir untuk menyusun Best Practice sudah terlaksana. Terimakasaih Bapak Ahmad Fauzi dan Ibu Dini FNA yang selalu...